Cara Memainkan Video HEVC x265 / H.265 di Android

HEVC x265
HEVC x265
HEVC atau High Eficiency Video Coding adalah standar kompresi video yang baru yang dikembangkan oleh Joint Collaborative Team on Video Coding (JCT-VC). HEVC yang merupakan format baru ini biasanya tidak bisa diputar/dimainkan di android pada umumnya, jikapun bisa diputar maka video akan terlihat seperti 'Terpaksa' diputar karena akan mengalami banyak hal-hal aneh seperti gambar yang tidak sinkron dengan suara, sampai bahkan gambar macet.

Video/Film dengan format x265 ini bisa kamu jumpai di beberapa film/tv series terbaru. Saya sendiri mendapatinya pada sebuah tv series yang sedang populer belakangan ini. Cara saya untuk bisa memainkan file HEVC x265 ini adalah dengan menggunakan MX Player. Namun, MX Player dengan settingan 'biasa' yang saya coba masih tidak mampu untuk menayangkan tv series tersebut sesuai harapan saya. Setelah melewati beberapa percobaan akhirnya saya menggunakan fitur HW+ dan bisa memainkan file HEVC x265 dengan benar dan lancar. Bagaimana caranya ?

Cara Setting MX Player Untuk Memutar Video HEVX x265

  1. Download terlebih dahulu MX Player di Google Play
  2. Setelah terinstal, buka aplikasinya
  3. Klik pada titik-titik di sudut kanan.
  4. Pilih settings.
  5. Pilih Decoder
  6. Kemudian centang pada pilihan berikut :
    Use HW+ Decoder
    HW+ Decoder (Local)
    HW+ Decoder (Network)
    Try HW Decoder
  7. Buka pilihan HW+ video Codecs,
  8. Kemudian centang pada h.265 dan h.265 10 bits
  9. Putar video HEVC x265 anda
  10. Kemudian pilih decoder HW+ Decoder pada bagian sudut kanan atas.
  11. Selesai, video dapat diputar sebagaimana mestinya.
Note : HW+ Decoder menggunakan Hardware smartphone untuk melakukan decode video, jadi ada beberapa smartphone yang mungkin memang tidak bisa memutar video HEVC x265. Tested Device : Asus Zenfone 4s 

3 Responses to Cara Memainkan Video HEVC x265 / H.265 di Android

  1. tengkyu gan..sangat membantu tipsnya..

    BalasHapus
  2. Saya masih ga bisa.. videonya tersendak sendak gitu.. udh klik kanan atas pilih decoder hw eh muncul tulisa tidak di dukung cuma bisa sw.. hp saya samsung J5

    BalasHapus
  3. pengaruh ke baterai gimana min? apa lebih boros ketimbang x264?

    BalasHapus